MINGGU KE VI
Aplikasi-aplikasi siklus produksi dan keuangan
1.
Siklus produksi
Siklus hidup produk manajemen (atau PLCM) adalah suksesi strategi yang digunakan oleh
manajemen bisnis sebagai produk berjalan melalui siklus hidup-nya. Kondisi di
mana suatu produk dijual (iklan, saturasi) perubahan dari waktu ke waktu dan
harus dikelola sebagai bergerak melalui tahap suksesi nya.
Siklus hidup produk (PLC) Seperti manusia, produk juga memiliki busur. Dari lahir sampai mati,
manusia melewati berbagai tahap misalnya kelahiran, pertumbuhan, kematangan,
penurunan dan kematian. Sebuah siklus hidup serupa terlihat dalam hal produk.
Siklus hidup produk berjalan melalui beberapa tahap, melibatkan disiplin
profesional banyak, dan membutuhkan banyak keterampilan, alat dan proses.
Siklus hidup produk (PLC) harus dilakukan dengan kehidupan sebuah produk di
pasar sehubungan dengan bisnis / komersial dan biaya langkah-langkah penjualan.
Untuk mengatakan bahwa suatu produk memiliki siklus hidup adalah untuk
menegaskan tiga hal:
- Produk memiliki hidup yang terbatas,
- Penjualan produk melalui tahap yang berbeda, masing-masing tantangan yang berbeda berpose, peluang, dan masalah kepada penjual,
- Produk memerlukan pemasaran yang berbeda, pembiayaan, manufaktur, pembelian, dan strategi sumber daya manusia di setiap tahap siklus hidup.
Empat tahap utama siklus hidup produk dan
karakteristik yang menyertainya adalah:
1. Pasar
tahap pengenalan
· biaya sangat tinggi
· penjualan lambat untuk memulai
· sedikit atau tidak ada persaingan
· permintaan harus dibuat
· pelanggan harus diminta untuk mencoba
produk
· membuat uang pada tahap ini
2. Pertumbuhan
tahap
· mengurangi biaya karena skala ekonomi
· volume penjualan meningkat secara
signifikan
· mulai meningkat
· meningkatkan kesadaran publik
· kompetisi mulai
meningkat dengan pemain baru dalam membangun pasar
· persaingan yang
meningkat menyebabkan penurunan harga
3. Kematangan
tahap
· biaya diturunkan
sebagai akibat dari volume produksi meningkat dan mengalami efek kurva
· puncak volume penjualan
dan kejenuhan pasar tercapai
· peningkatan pesaing memasuki pasar
· harga cenderung turun
karena proliferasi produk yang bersaing
· merek dan diversifikasi
fitur ditekankan untuk memelihara atau meningkatkan pangsa pasar
· Keuntungan industri turun
4. aturasi
dan. Tahap penurunan
· biaya menjadi kontra-optimal
· penurunan volume penjualan
· harga, mengurangi profitabilitas
· keuntungan menjadi
lebih tantangan produksi / distribusi efisiensi dari penjualan meningkat
- diagram arus data (DFD) aplikasi pengendalian produksi
Dalam
DFD (komposisi paket data dan komposisi penyimpanan data). Kamus data dibuatkan
berdasarkan arus data dan penyimpanan data juga harus terdapat didalam kamus
data, sehingga bila pemakai membaca dan ingin lebih lanjut mengenal tentang
suatu arus data atau penyimpanan data dapat mencari langsung dalam
kamus data.
Menurut
Al Bahra bin Ladjamudin B (2004:169) “Diagram aliran data merupakan model dari
sistem untuk menggambarkan pembagian sistem ke modul yang lebih kecil. Salah
satu keuntungan menggunakan diagram aliran data adalah memudahkan pemakai atau
user yang kurang menguasai bidang komputer untuk mengerti sistem yang akan
dikerjakan”.
Sedangkan
menurut Mahyuzir (2009:277) “Diagram alir data (DFD = Data Flow Diagram)
adalah teknik grafik yang digunakan untuk menjelaskan aliran informasi dan
transformasi data yang bergerak dari pemasukan data hingga ke keluaran”.
Salah
satu tool yang paling penting bagi seorang analis sistem
adalah DAD (Diagram Arus Data). Penggunaan DAD dalam modeling tolls dipopulerkan
oleh Tom DeMarco pada tahun 1978 serta Gane dan Sarson pada tahun 1979 dengan
menggunakan metode pendekatan metode analisis sistem terstruktur (Structured
System Analysis).
2.
Siklus keuangan
Manajemen keuangan dimulai dengan tujuan yang jelas proyek. Tujuan ini digunakan
Manajemen keuangan dimulai dengan tujuan yang jelas proyek. Tujuan ini digunakan
untuk mengembangkan sebuah rencana tindakan untuk
mencapai mereka - rencana yang realistis, dapat dinilai dan merupakan cara yang
paling efisien untuk mencapai tujuan. Rencana ini diterjemahkan ke dalam
anggaran yang memberikan sumber daya untuk setiap aktivitas - penyusunan
anggaran akan memberikan informasi tambahan tentang setiap aktivitas yang dapat
menyebabkan rencana harus diubah. Ketika ini bagian dari siklus selesai, akan
ada anggaran singkat yang mengalokasikan sumber daya untuk setiap aktivitas.
Tujuannya adalah untuk membuat anggaran yang akan sedekat mungkin dengan
operasi proyek yang sebenarnya.
Ketika proyek dimulai, akuntansi juga dimulai. Catatan akuntansi dan laporan pada semua transaksi keuangan. Ada dua jenis akuntansi - akuntansi organisasi formal yang dilakukan oleh bagian akuntansi organisasi dan manajemen akuntansi dilakukan oleh manajer proyek. Secara periodik, seluruh proyek, manajer transfer informasi dari laporan akuntansi ke dalam anggaran. Selama fase ini manajer terus menerus membandingkan proyeksi anggaran dengan hasil aktual dari akuntansi. Kegiatan ini dapat menyebabkan intervensi manajemen dalam proyek untuk menangani bidang-bidang yang menjadi perhatian.
Akhirnya, pada akhir proyek, manajer bersama dengan personil akuntansi akan menghasilkan serangkaian laporan hasil keuangan proyek. Laporan-laporan ini akan dimasukkan ke dalam laporan keseluruhan proyek dan memberikan informasi berharga untuk membantu dalam pengembangan proyek-proyek masa depan.
Ketika proyek dimulai, akuntansi juga dimulai. Catatan akuntansi dan laporan pada semua transaksi keuangan. Ada dua jenis akuntansi - akuntansi organisasi formal yang dilakukan oleh bagian akuntansi organisasi dan manajemen akuntansi dilakukan oleh manajer proyek. Secara periodik, seluruh proyek, manajer transfer informasi dari laporan akuntansi ke dalam anggaran. Selama fase ini manajer terus menerus membandingkan proyeksi anggaran dengan hasil aktual dari akuntansi. Kegiatan ini dapat menyebabkan intervensi manajemen dalam proyek untuk menangani bidang-bidang yang menjadi perhatian.
Akhirnya, pada akhir proyek, manajer bersama dengan personil akuntansi akan menghasilkan serangkaian laporan hasil keuangan proyek. Laporan-laporan ini akan dimasukkan ke dalam laporan keseluruhan proyek dan memberikan informasi berharga untuk membantu dalam pengembangan proyek-proyek masa depan.
PG.
1. Berikut
ini yang tidak termasuk empat tahap utama siklus hidup produksi adalah…
A.
Pasar tahap pengenalan
B.
Pertumbuhan tahap
C.
Kematangan tahap
D.
Percobaan
tahap
Jawabannya : D
2.
suksesi strategi yang digunakan
oleh manajemen bisnis sebagai produk berjalan melalui siklus hidup-nya
pengertian dari…
A. Siklus produksi
A. Siklus produksi
B. Siklus hidup produk
C. DFD
D. JIT
Jawabannya : A
3.
berikut ini yang tidak termasuk
cirri-ciri Pasar tahap pengenalan
adalah…
A.
biaya sangat tinggi
B.
meningkatkan kesadaran publik
C.
penjualan lambat untuk memulai
D. sedikit atau tidak ada persaingan
Jawabnnya : B
4.
berikut ini yang tidak termasuk
cirri-ciri Pertumbuhan tahap adalah…
A.
mengurangi biaya karena skala
ekonomi
B.
volume penjualan meningkat
secara signifikan
C.
mulai meningkat
D. harga cenderung turun karena proliferasi produk yang bersaingan
Jawabannya : D
5.
berikut ini yang tidak termasuk
cirri-ciri Kematangan tahap adalah…
A.
biaya diturunkan sebagai akibat
dari volume produksi meningkat dan mengalami efek kurva
B.
penjualan lambat untuk memulai
C.
puncak volume penjualan dan
kejenuhan pasar tercapai
D. peningkatan pesaing memasuki pasar
Jawabnnya : B
ESSAY
1.
sebutkan cirri-ciri tahap
penurunan adalah….
· biaya menjadi kontra-optimal
· penurunan volume penjualan
· harga, mengurangi profitabilitas
· keuntungan menjadi lebih tantangan produksi / distribusi
efisiensi dari penjualan meningkat
2.
apa tujuan dari siklus keuangan
yaitu…
untuk mengembangkan sebuah rencana tindakan untuk
mencapai mereka - rencana yang realistis, dapat dinilai dan merupakan cara yang
paling efisien untuk mencapai tujuan.
3.
sebutkan cirri-ciri kemantangan
tahap adalah….
· biaya diturunkan sebagai akibat dari volume produksi meningkat
dan mengalami efek kurva
· puncak volume penjualan dan kejenuhan pasar tercapai
· peningkatan pesaing memasuki pasar
· harga cenderung turun karena proliferasi produk yang bersaing
· merek dan diversifikasi fitur ditekankan untuk memelihara atau
meningkatkan pangsa pasar
· Keuntungan industri turun
4. sebutkan cirri-ciri pertumbuhan tahap adalah…
· mengurangi biaya karena skala ekonomi
· volume penjualan meningkat secara signifikan
· mulai meningkat
· meningkatkan kesadaran publik
· kompetisi mulai meningkat dengan pemain baru dalam membangun
pasar
· persaingan yang meningkat menyebabkan penurunan harga
5. sebutkan cirri-ciri pengenalan tahap adalah…
· biaya sangat tinggi
· penjualan lambat untuk memulai
· sedikit atau tidak ada persaingan
· permintaan harus dibuat
· pelanggan harus diminta untuk mencoba produk
· membuat uang pada tahap ini
0 komentar:
Posting Komentar